Makna Hari Pahlawan 10 November Bagi Generasi Milenial

Sepuluh November merupakan hari yang memiliki arti penting dalam sejarah pergerakan bangsa Indonesia dalam membebaskan diri dari belenggu penjajahan. Sepuluh November menjadi saksi bisu pergerakan dan pertempuran hebat putra-putra bangsa dalam menghadapi pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan dikumandangkan.

Namun setiap tahunnya seperti tidak ada perubahan yang berarti dimana sepuluh November hanya terasa seperti sebuah seremonial belaka tanpa dihayati makna dan nilai perjuangan yang diwariskan dari para pejuang kepada generasi penerus. Bukankah bangsa yang besar merupakan bangsa yang tidak melupakan sejarah dan menghargai jasa-jasa para pahlawan. Lalu dengan tindakan apa kita sebagai generasi penerus perjuangan bangsa melaksanakan amanah dari para pendahulu kita.

Bangsa kita memang telah lepas dari belenggu penjajahan dan kolonialisme dan kita dengan bangga mengucapkan kata “Merdeka” di negara yang kaya akan hasil bumi, laut dan tambang ini. Namun apakah rakyat dinegara yang kaya ini telah merasakan kesejahteraan?.

Indonesia merupakan negara yang kaya dimana memiliki tambang emas terbaik di Papua, memiliki cadangan gas alam terbesar, memiliki sumber batu bara terbaik, memiliki tanah yang subur, memiliki lautan yang luas dan hutan hujan tropis yang tersebar diseluruh pulau, Namun apakah kita sudah merasa merdeka dengan segala kekayaan tersebut? apakah kita berhasil mengelola semua kekayaan alam tersebut dengan bijak untuk kesejahteraan bangsa.

Jika didefinisikan merdeka merupakan suatu kebebasan, Terbebas dari berbagai macam belenggu dan kekuasaan dari kepentingan pihak-pihak tertentu. Pada dasarnya semua manusia dilahirkan merdeka hanya saja kondisi kehidupannya sehari-hari yang membuatnya menjadi terbelenggu. Mungkinkah kita telah merdeka jika masih dikendalikan oleh kepentingan-kepentingan pihak lain.

Jadi seperti apa kita memaknai hari pahlawan dan tindakan apa yang kita perbuat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan?